Powered By Blogger

Kamis, 04 Oktober 2012

Solo Backpacker “LOMBOK part:2”

Pagi – pagi sekali aku bangun, langsung bergegas mandi. Setelah itu langsung menuju ruang makan buat sarapan. Menu roti tawar dan telur rebus serta teh hangan menjadi santapanku pagi itu.Rencana aku hari ini mau mengunjungi pantai daerah Lombok tengah yaitu pantai Kuta dan Tg. Aan.Berangkatlah aku dengan motor feminim ini. Tak lupa isi bensin penuh di derah Mataram. Dari arah Mataram ambil jalan tujuan Lembar. Jalanannya mulus sepertinya baru di aspal. Nah, kita mempunyai 2 pilihan jalur: 1. mau lewat Praya di simpang empat belok kiri yg ke arah Praya.    2. Lewat By Pass menuju Bandara Internasional Lombok (BIL) yg baru, aku lebih memilih ini setelah disarankan Mas Duta. Jalanannya lebar dan mulus, sepanjang jalan banyak sekali polisi dan tentara yg berjaga di setiap perempatan bahkan setiap 200m ada petugas yg berjaga. Baru ketahui ternyata mereka menjaga jalan karena ada Wakil Presiden yg mau lewat menghadiri acara BKKBN. Wah, kebetulan aku jadi merasa aman sepanjang jalan dan bisa tanya – tanya kalau tersesat. Setelah berjalan sekitar 1 jam terlihatlah BIL yg sangat luas dan besar. Dari BIL masih sekitar 1 jam lagi buat ke KUTA. Melewati desa sasak sade yg aku skip dulu langsung menuju Pantai KUTA.
sarapan
 Akhirnya sampai juga di Kuta,gak Cuma Bali yang punya KUTA, Lombok juga punya KUTA. cukup bingung dimana letak pantainya ternyata pantainya persis dibelakang Resort N*votel. Aku menyusuri samping resort dan parkir motor di dekat pantai, Langsung dihampiri penjual kelapa dan gelang. Aku tolak karena memang gak pengen beli. Pantai KUTA Lombok sangat unik, Pasiir pantainya besar – besar seperti Merica (Jadi kalau mau bikin bumbu tinggal ke pantai ini gratis Mericanya. hehehe...) Cukup susah berjalan di pantai ini, tidak lupa foto – foto dan ambil pasirnya buat kenang – kenangan. Menyusuri pantai kuta sampai ujung, aku penasaran sama jembatan yg menghubungkan daratan di sebelahnya. Menyeberangi jembatan dan naik ke atas bukit, ternyata ada pantai lagi di sebelaah bukit itu. Setelah sampai di pantai aku tanya ke orang ternyata nama pantai ini Pantai Seger. Ini lah pantai yg biasa dipakai buat festival Bau Nyale khas Lombok (itu loh... Festival nyari cacing Laut). Setelah puas lihat pantainya, aku menuju bukit di atas yg cukup curam naiknya. Dari atas sini sangat indah pemandangannya, kita Bisa lihat garis pantai Kuta dan Seger.
pasir merica

Jembatan menuju seger beach

background = kuta

dari atas bukit

seger beach

pantai seger

Puas menikmati dua pantai ini aku menuju Tg. Aan, sebelah timur pantai seger, jalananya rusak, aspalnya sudah banyak terkelupas. Sekitar 15 menit sampailah di Tg. AAN pantai yg sangat indah. Bukan hanya pasirnya yg sangat putih tetapi air Lautnya yg biru kehijau – hijauan. Di Pantai ini ada sebiah bukit yg seakan diletakkan sengaja di pinggir pantai. Aku sempatkan buat naik ke atas Bukit itu. Dari atas bukit terlihat garis pantai yg sangat indah, air laut yg sangat menggoda buat nyebur (sayang aku gak bawa baju ganti). Puas menikmati dan foto – foto aku bergegas buat pulang karena perjalanan masih jauh.

tg AAn

Perjalanan pulang kembali melewati pantai seger dan Kuta. Sampai di daerah desa Sade cukup ramai wisatawan yg berkunjung, menggodaku buat mampir juga. Setelah mencari guide  buat berkeliling, akhirnya berkeliling di dalam desa. Rumah – rumah masih terbuat dari kayu dan atapnya dari ilalang dan yg bikin kaget lantainya dilapisin sama tai kebo (tapi gak bau ternyata) bilangnya biar gak ada nyamuk. Aku sempatkan buat sholat dhuhur di masjid desa ini (tp bkn lantai yg kotoran loh yaa). Setelah puas berkeliling dan melihat kegiatan2 warga desa Sade aku bergegas pulang dan gak lupa kasih uang tip buat guide tadi.

Kembali menelusuri jalan By Pass yg sangat lebar, kupacu motor feminim ini dgn sangat kencang (takut kemalaman dan kesasar lagi :p). Sampailah di daerah kota Mataram sekitar jam 5 sore, langsung menuju hotel, bersih2 dan istirahat.