Powered By Blogger

Jumat, 12 Oktober 2012

Pulau Sempu dan Lagunanya yang Ngangenin

Alhamdulillah perjalananku berlanjut lagi menuju Kota Malang.  Disana aku menginap di kost-an teman aku. Diajak berkeliling – liling kota Malang dan mengunjungi kota Wisata Batu. Namun, perjalanan yang mau kuceritakan ini adalah saat aku ikut trip di Pulau Sempu dan camping disana.
Tugu Malang
                Pernahkah kamu nonton film “The Beach” yang ada aktor Leonardo Dicaprioo (*maaf kalau salah penulisan kata). Film ini berlokasi di Phi – Phi island Thailand, pantai yg tersembunyi yg sangat cantik. Tapi gak perlu ke Thailand buat ngeliat tu pantai, Indonesia juga punya *yeahh. Pulau Sempu di Malang didalamnya ada laguna yg biasa disebut segara anakan. Awal mulanya aku melihat ajakan trip organizer untuk ke Sempu dan Bromo di Forum BPI. Karena sangat penasaran sama ni laguna, Akhirnya aku mengikuti ni Trip.

Pagi itu aku bangun pagi – pagi, aku bela – belain mandi pdahal suhu di Malang dingin banget (kalau orng baru atau pendatang ke Malang pasti jarang mandi *alibi). Habis itu aku beres – beres barang di dalam carrier, Bangunin temanku (*sedikit maksa) buat nganterin aku ke stasiun Kota Baru. Di jalan kita mampir di warung buat sarapan nasi rawon lumayan ngangetin perut. Kita janjian berkumpul di Stasiun Kota Baru sama pelaksana Trip. Sampai di stasiun pamit sama temanku (makasih banget sudah bantu aku selama di Malang). Ternyata sampai di Stasiun sudah ramai. Tinngal nungguin aku. Jadi trip ini aku bayar duit, trus segala akomodasi selama trip mereka yg nyediakan. Pesertanya macam2 ada yg masih kuliah, udh kerja, ada juga yg udh pensiunan. Sekitar 12 orang peserta saat itu. Kami langsung menuju ke Sendang Biru Menggunakan truk TNI (serasa jadi angkatan yg mau perang) , Lama perjalanan 2 jam, melewati jalan berbukit2 dan hutan jati. Sampai di Sendang Biru kita dipersilahkan istirahat dulu sedangkan Tim yg membawa logistik langsung menuju pulau Sempu utk mempersiapkan camping.

sendang biru

Sendang biru
Sendang BIru

Jam 13.30 kami menyebrang ke pulau Sempu. Perjalanan sebenarnya adalah setelah sampai di Pulau Sempu. Kita harus Trekking selama 2 jam menuju Laguna itu jika musim kemarau, kalau musim hujan bisa sampai 5 jam. Medan Trekking tidak mudah, jalanan banyak akar pohon yg timbul menyebabkan kontur taanah tidak rata, belum lagi naik turun gunung dan Pohon tumbang. Setelah hampir sampai Laguna, kita tidak langsung menuju kesana.

Nyebrang ke sempu

di kapal

Bersama rombongan

Start awal menuju segara anakan

medan Treking

Untung gak musim hujan

jalan 2 jam
               Kita diberi bonus buat ke pantai kembar 1 dan kembar 2 dahulu. Jalanan kembar 1 lebih berat karena harus menuruni tebing curam dan terjal, Dari laguna ke kembar 1 hanya dipisahkan tebing begitupun kembar 2 juga dipisahkan oleh tebing.

Pantai Kembar 1

P. Kembar 1

Pantai kembar 2

Kembar 2

P. Kembar 2

kembar 2

Bulu babi kembar 2
                Setelah melihat kedua pantai kita menuju laguna yg berarti harus mendaki tebing terjal tadi. Sampai di Segara Anakan suasana cukup ramai karena malam minggu. Sebenarnya Laguna ini sangat indah, sayang air sedang surut. Aku melihat di atas tebing ada orng yg mendaki, Aku mencoba buat naik keatas dgn ditemani salah satu panitia. Sangat susah buat naik ke atas, tebing batu karang yang sangat tajam harus kita pegang erat – erat kalau gak mau jatuh. Akhirnya sampai di atas pemandangan sangat mempesona.... Di luar laguna ombak laut selatan menghantam keras dinding tebing. Di sebelah kiri terlihat keindahan laguna, di depan terlihat sang surya mulai bersembunyi  melihatkan garis2 merah yg menawan. Worthed lah... buat Trekking  2 jam.
Baru datang dan kecapean semua

Sempu lagi rame

naik ke atas bukit

dari atas bukit

Segara Anakan lagi surut

sunset ketutupan awan

area camping

Merah putih berkibar

Mentari

Menikmati segara anakan dari atas

Laut Selatan

Malam hari kita bakar2 ikan tongkol buat makan malam ditemani lontong dan kopi hangat. Di Pulau sempu ini kita akan terbebas dari dunia luar, Listrik gak ada sinyal juga gak ada, apalagi tv. Setelah makan kita bernyanyi2 sambil main gitar (suasana inilah yg selalu ngangenin). Cape tadi siang sudah hilang digantikan tawa dan canda malam itu. Pagi hari Matahari mulai terbit, orang2 mulai berkutat dgn kegiatan masing, ada yg mancing, main bola, foto – foto, berenang (oh ya..airnya sudah pasang) Setelah sarapan ala kadarnya, aku pun berkeliling buat menikmati keindahan Laguna ini, tidak lupa untuk foto – foto (Pengen rasanya buat naik lagi ke atas bukit buat liat segara anakan kalau lagi pasang) Jam 10 kami mulai merapikan perlalatan dan bersiap untuk pulang. Tidak lupa sampah dibawa agar laguna ini tetap bersih. Perjalanan pulang lebih cepat dari waktu berangkat kemarin. Di Sendang Biru istirahat makan dan mandi karena dari kemarin belum mandi.
Karang Bolong

Berenang

Airnya bening

Karang bolong

Laut Selatan

Sungguh indah Laguna di Pulau Sempu, sayang sekali sudah banyak yg mengotorinya dgn sampah. Sepanjang jalan menuju laguna byk sampah botol air mineral yg dibuang sembarangan. Oh ya... Kalau ke Pulau Sempu sebaiknya camping di Segara Anakan, Suasa dan Kesannya akan jauh berbeda jika kamu gak camping.