Powered By Blogger

Minggu, 21 Oktober 2012

Gunung Bromo

Rombongan yg asik abiss

Perjalanan masih berlanjut dari Sendang Biru menuju ke arah Tumpang dan Homestay di (Desa Jemplang kalo gak salah) sampai homestay sudah menjelang malam. Kita langsung menempati kamar yg udah disediakan dan mandi (*kali ini ada air panasnya). Homestay ini sudah lumayan tinggi letaknya, suhunya dingin sekali apalagi malam hari Cahaya lampu2 di kota Malang terlihat di kejauhan. Kami isi malam itu buat makan malam dan nonton Bola di tV. Karena peserta yg lain udh pada ngantuk, dan karena ntar malam kita berangkat jam 3 dini hari tidurlah mereka. Kalau aku masih ngobrol2 sama mas2 dari trip organizer dan bpk Tentara yg nyupir truk. Gak terasa jam 24.00 aku belum tidur, berusaha  memejamkam mata eh gak taunya buka mata udh rame aja, Ternyata udh jam 3, Peserta lain udh siap2 buat menuju Bromo.
                     Jam 3 lewat kita berangkat, gak pake mandi (Gila aj lo mandi subuh2) setelah menyantap roti dan teh panas dari pemilik homestay. Perjalan ini melewati Jemplang dan nanti persimpangan (kalau ke kanan Ranu Pani dan Semeru) kita ambil kiri menuju Bromo. Boleh dibilang kita melewati jalur belakang Bromo. Kita akan melewati bukit teletubis, dan pasir berbisik, baru Bromo. Pagi itu Kabut memenuhi pandangan selama perjalanan, Hawa dingin menusuk sampai tulang meskipun sudah memakai jaket. Pemandangan yg terlihat hanya lautan kabut, tidak terlihat apapun. Jarak pandang hanya 4 m, selama perjalanan kita gak ketemu pengunjung lainnya. Sempat bayangin kaya game left 4 dead, kita dikejar - kejar zombie, terus jeepnya ngebut sambil kita perang ngelawan zombie *Ngarut tingkat dewa :D
adem tenann...
                Cukup lama melintasi lautan pasir berkabut, mulai terlihat cahaya2 lampu mobil dari kejauhan, Jeep berjalanan beiringan mengantarkan pengunjung menuju penanjakan 1. Jeep kita malah berlawanan arah dgn jeep lainnya. OH ternyata jeep kita menuju Petigen, Loh kok kesini..?? Setelah aku tanyakan sama mas Iscmadi, ternyata kalau di Penanjakan bakalan penuh orang apalagi musim liburan gini bakal gak nyaman deh. Sampai di Petigen masih sepi dan gelap, sambil nunggu sunsrise kita ngumpul di api unggun punnya bpk yg jualan kopi, lumayan lah. Sang surya mulai menampakkan kemilaunya suasana mulai ramai dgn pengunjung lainnya. Bromo dan batok mulai terlihat dengan awan di sekelilingnya, kita berasa di atas awan. Menanti detik – detik terbitnya matahari merupakan hal yg tak boleh terlewatkan. Suasana menjadi hening, semua memandang ke ufuk timur, hanya suara jepretan kamera yg terdengar. Sungguh beruntung bisa menyaksikannya.

petigen
Sunrise Istimewa

Bromo dan Batok
Bromo & Batok
Background kabut
Background Sunrise
"perhatikan ada lingkaran pelangi di tengah"

Perjalanan kami lanjutkan lagi naik jeep, kali ini menuju Bromo. Sampai di parkiran jeep kami turun, jeep tidak bisa mendekat ke gunung. Lumayan jauh jalan kakinya dari parkiran. Tapi tenang banyak kuda yg disewakan buat ngantar sampai kaki gunung. Kami memilih berjalan kaki (lebih berasa kebersamaannya, padahal aku ngirit duit :P). Kita akan melewati sebuah pura yg digunakan masyarakat Tengger buat ibadah, biasanya rame kalao hari Kasada. Dari dulu aku pikir Bromo itu gn yg kerucut itu, ternyata gn itu bukan Bromo tapi Gn. Batok (dasar Newbie). Bromo itu yg ngeluarin asap dari kawahnya. Setengah jam berjalan  sampai di kaki gn. Bromo kita harus ngantri buat naik tangga menuju ke atas. Rame banget orng yg berkunjung, sayang banyaknya pengunjung gak dibarengi  fasilitas yg memadai. Tangga buat naik udah pada rontok semennya, anak tangganya udah hilangan gak tau kemana (udh besar kali ya jd pada hidup mandiri, hahaha). Eh, nggak gin, anak tangganya ketutupan pasir jd udah gak kaya tangga lagi, lebih mirip plosotan) Susah payah naik tangga mana ngantri lagi, gak bisa nyalip sangking padatnya (istilahnya padat merayap). Akhirnya sampai juga di atas langsung  liat kawahnya dan foto2 dikit. Oh ternyata aku orang pertama yg sampe puncak dari rombonganku (langsung nyanyi queen- we are the champion). Sambil nungguin rombongan liat2 pemandangan dari atas. Tak lama rombongan mulai lengkap sampe ke atas, foto2 bareng. Cukup lama diatas kita memutuskan buat turun. Yah tambah rame orangnya, ngantri lama sambil lihat2 sekeliling.

Tangga menuju puncak
 Mt. Batok
Matahari sudah tinggi masih kabut
PURA
mulai rame

Kawah
kawah

background kawah
                Dari sini kita bisa membedakan mana turis asing dan lokal. Turis asing pada ngantri dgn sabar, kalau orng lokal langsung srobot – srobot tau2 udh di tangga aj tuh orang. Sebenarnya kita punya pilihan lain buat turun, lewat tangga tapi ngantri atau lewat punggung gunungnya langsung. Aku lihat banyak juga orng yg lewat situ. Tanpa pikir panjang langsung nyoba turun lewat situ. Alhasil gak sampe 1 menit udah nyampe bawah (Tipsnya musti lari2 kecil, kalu jalan pelan malah jatuh nanti). Kembali ke parkiran dan nunnguin rombongan yg lewat tangga. Selanjutnya menuju Bukit Teletubies. Di perjalanan aku ngeliat pasir tornado (sekitar 5 m tingginya) yg muter2, walaupun sebentar itu pertama kalinya aku ngelihat yg namanya tornado secara langsung. Di bukit teletubies cukup sepi terlihat hanya ada dua jeep yg mengantarkan pengunjung kesini. Cukup unik tempat ini dgn bukit2 kecil (tapi gak ada teletubiesnya loh...)

Jeep tangguh

Bukit teletubies
Teletubies
Rombongan Penakluk Teletubies

Kita melanjutkan perjalanan pulang menuju Homestay, Perjalanan pulang menanjak dgn jalan yg lumayan bagus. Pemandangannya keren banget beda sama kita berangkat tadi (ya iyalah kan td gelap terus kabut!!). Kebun2 sayur terlihat di kanan dan kiri jalan, aktivitas para petani yg sedang bercocok tanam, dan petani yg sedang mengangkut hasil panennya ke atas pick up. Meskipun kebunnya sangat curam, tidak menyurutkan petani untuk bercocok tanam. Dengan cara terasering mereka mengolah kebunnya sehingga tidak longsor. Sampai di Homestay langsung mandi dan packing2 , makan siang di warung dan naik truk tentara lagi buat menuju terminal arjosari.

Desa jemplang
Sawah di gunung

9 Juli  2012

Puncak Impian :) "MAHAMERU"