Powered By Blogger

Selasa, 07 Agustus 2012

SKULL Cave

Berawal dai liburan sekolah, Aku seperti biasa mudik ke babulu. Biasa orng nyebutnya ke seberang karena harus menyebrangi teluk Balikpapan, bisa menggunakan Kapal Feri, Speed boat, kapal kelotok, atau Berenang. Dan menempuh jalan darat +50km.

Beberapa hari kemudia Si Dadan ngajakin aku touring ke bt. Kajang bareng Hari, dan mbaah jack (sodaranya dadan). Aku sebenarnya gak pengen kesana, Kusuruh aja mereka mampir dulu ke rumah ku yg di Babulu karena jalan rumahku ini Jl.Propinsi (klo mau ke kal-sel pasti ngelewatin).
           Sampailah mereka di rumahku, istirahat bentar. Hari nawarin aku buat ikut pake motornya... Karena gak tega, kasihan hari sendiri belum tau medan ke batu kajang. Akhirnya aku pun ikut dgn persiapan yg mendadak. Jarak tempuh kesana +70km. Selama jalan yang bawa motor aku, kalau aku udh paham medan daerah sana.

Akhirnya kita ke batu kajang, tempat saudaranya dadan, Di perjalaan aku takut liat mbah jak, gak berani negur (mukanya serem kaya preman|Piss mbah...). Sampailah kita di air terjun buat istirahat sebentar, aku beraniin buat ngobrol sama mbah jak, Ehh ternyata mbah jak orngnya humoris, suka nge-lawak. Aku jadi gak takut lagi ngobrol sama mbah jak.

waktu kita istirahat di air terjun gn.rambutan (kanan:dadan)

Dari air tejun ini tinggal 20 menit lagi sampai tempat tanntenya Dadan.
Jam 6 sore sampailah kami disana. Langsung disambut hangat sama tantenya Dadan, Langsung ditawarin makan terus tidur mulihkan tenaga buat explore besok.

Bangun Pagi ditawarin dadan buat mandi disungai, Langsung berangkat ke sungai ditempuh 10 menit naik motor. Mandi di sungai yang airnya dingin banget tapi segar (berasa jd org kampung yg klau mandi di sungai). Setelah itu kembali ke rumah, Sarapan siap'' jalan. Disana kita bisa ke gua tengkorak, gua loyang (kalau gak salah).

Hari dan Dadan

Jalan masuk ke Gua tengkorak dan loyang 1 jalur, Masuknya sekitar 5 km naik motor. Tujuan kita pertama gua tengkorak, Harus menyebrangi sungai yang lebar untung motor bisa lewat, kalau mobil gak bisa. Sampai di bawah gua kita harus naik anak tangga yang lumayan banyak.
ini jembatannya cuma bisa 1 motor

Gua Tengkorak

bareng mbah jack

Tengkoraknya asli

Dari gua tengkorak menuju gua loyang, kita harus kembali melewati jalan yang tadi, lalu belok ke arah gua loyang, melewati jalan aspal yang cukup sempit, sampai  di atas bukit kita harus parkir disitu dan berjalan kaki turun bukit ke arah tebing, lalu menaiki tangga dari batu, kemudian tangga dari kayu yg menyeramkan. Sampai diatas serem banget kalau liat ke bawah.

tangga buat naik

Yang lebih serem lagi pas sampai atas ada ular jatuh dari pohon mendaarat di tangga kayu yg kita lewatin tadi, secara saya parno sama ular liar (kalo jinak berani). Pengen cepet - cepet turun, tapi harus ngelewatin tangga kayu tadi...( Masak iya pas turun menyusuri anak tangga terus kaki dipatok ular. trus jatoh dehh.. Gak mau kan.) Alhasil mbah jack punya ide buat ngelemparin tu tangga pake batu biar ularnya minggir. Akhirnya kita turun dengan nekad dan mbah jack sebagai leader didepan. Kalau aku turunnya terakhiran itu aja dengan kaki gemetar.

Gua loyang (kalau gak salah)